Selasa, 11 November 2014

Membuat Voip Server pada Ubuntu 12.04

1. Pendahuluan

         Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit cara tentang cara membuat server VOIP (Voice Over Internet Protocol). Untuk praktek kali ini saya menggunakan Asterisk, dimana Astrisk ini akan menempel di Operating System Ubuntu 12.04 Dan VOIP (Voice Over Internet Protocol) itu sendiri adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time. Maksud real time disini semua informasi yang didapatkan diterima secara langsung setelah informasi dikirmkan. Selanjutnya, kami menggunakan aplikasi X-Lite sebagai tool untuk komunikasi.

-    Aplikasi yang digunakan
     
     1.Asterisk
        Asterik adalah software IP IPX untuk membuat sistem layanan komunikasi telepon melalui internet atau biasa disebut VoIP (Voice over Internet Protocol). Asterisk adalah software Open Source yang berjalan di Linux. Asterisk juga memungkinkan komunikasi antar pengguna telepon regular dengan telepon berbasis sip (sip phones).

     2. X-Lite
       X-lite merupakan perangkat lunak yang dikembangkan oleh CounterPath Solutions Inc., yang diaplikasikan untuk komunikasi VoIP berbasis protokol SIP. Perangkat lunak ini diibaratkan dapat mentransformasikan PC menjadi telepon. X-lite memberikan manfaat yang sama seperti telepon biasa untuk melakukan dan menerima panggilan PC. Dengan menggunakan koneksi broadband internet dan teknik audio kompresi (codec), Quality of Service (QoS) yang dihasilkan hampir sama dengan telepon tradisional. 

-     Manfaat menggunakan Voip dalam komunikasi
       keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global.Dan Asterisk adalah software Open Source yang berjalan di linux. Asterisk juga memungkinkan komunikasi antar pengguna telepon regular dengan telepon berbasis sip (sip phones).

-   Langkah Kerja

1. Masuk ke konfigurasi terminal
    (ketik sudo su, lalu masukan password ubuntu anda)

2. Selanjutnya masukkan kode area negara anda
    ex : Indonesia +62) 

3. Instal Paket Asterisk

     #apt-get install asterisk
 
4. Konfigurasi File Asterisk 
 
       #nano /etc/asterisk/sip.conf
    Nantinya anda akan diminta untuk mengkonfigurasi seperti gambar dibawah 
    * keterangan
  • 801] [802] : adalah nomor telepon , ini adalah ekstensi yang akan di jadikan alamat atau nomor teleponnya (untuk penerapannya kita akan menggunakan aplikasi X-Lite)
  • type : ini untuk penandaan atau group
  • context : nama pada context harus sama pada ekstensi.conf
  • username : nama yang akan muncul ketika ada telpon masuk, dan boleh di isi nama juga kok
  • secret : ini adalah password (isi sesuai keinginan)
  • host : biarkan saja dynamic
 
5.  Konfigurasi extension.conf
 
     #nano /etc/asterisk/extension.conf
    Simpan (CTRL+O) dan exit (CTRL+X)

6.   Setting SIP pada X-Lite
      Isi datanya sesuai dengan data yang kita isi pada langkah ke 2
 7. Selanjutnya lakukan tes Pemanggilan 
     

    Pada Gambar diatas terlihat 801 melakukan panggilan. Ini diartikan bahwa konfigurasi kita telah berhasil. Selamat menikmati panggilan anda :)

referensi : www.urbandistro.com
               www.luzosan.blogspot.com

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar